Negara yang Paling Ramah dan Nyaman untuk Bersepeda

Negara yang Paling Ramah dan Nyaman untuk Bersepeda

Sepeda merupakan salah satu jenis transportasi yang murah sekaligus menyehatkan. Tapi di negara Indonesia, sangat jarang ada pengguna yang rutin memakai sepada. Belakangan mungkin sedang tren, tapi lama-kelamaan akan hilang ditelan arus.

Di Indonesia, ada banyak orang yang memilih menggunakan motor atau mobil saja. Padahal, kebiasaan menggunakan motor dan mobil sangat memperparah kondisi udara yang tinggi polusi.

Selain itu, banyaknya pengendara motor dan mobil akan membuat suatu daerah jadi lebih sering mengalami kemacetan yang panjang. Maka dari itu, bersepeda bisa dijadikan solusi yang tepat untuk mengurai masalah tersebut.

Negara Paling Nyaman dan Ramah untuk Bersepeda

Tapi, apakah kamu tahu bahwa ada beberapa negara yang warganya sangat suka bersepeda. Hal ini disebabkan karena lingkungannya memang sangat nyaman dan ramah untuk pesepeda. Di mana saja negaranya? Cek di sini ya!

  1. Belanda

Negara pertama adalah Belanda. Negara ini memang merupakan tempat yang nyaman untuk bersepeda. Bahkan ada cukup banyak fasilitas yang disediakan. Bisa dikatakan cukup lengkap.

Menariknya, Belanda juga memasukkan kegiatan bersepeda ke dalam kurikulum setiap sekolah yang ada di sana. Kegiatan bersepeda masih banyak dilakukan di Belanda meskipun teknologi transportasi yang ada di sana sudah canggih.

Para penduduk Belanda memilih bersepeda ke manapun mereka ingin karena dianggap lebih sehat. Kebiasaan warga Belanda juga sangat didukung oleh pemerintah. Ada banyak bentuk dukungan yang diberikan.

Misalnya saja, pemerintah memberikan jalur khusus untuk sepeda dengan panjang puluhan ribu kilometer, tempat persewaan sepeda, bahkan sampai tempat parkir khusus sepeda.

  1. Jerman

Negara selanjutnya adalah Jerman. Negara tersebut menyediakan banyak rute bagi para pesepeda. Rutenya pun terbilang menarik. Bahkan kamu bisa bersepeda dari desa hingga daerah perkotaan.

Tidak hanya menjadi salah satu alternatif transportasi.  Di Jerman, sepeda juga jadi sarana hiburan bagi masyarakatnya. Di negara ini ada lebih dari 200 rute khusus yang diberikan untuk bersepeda jarak jauh.

Misalnya saja, ada salah satu rute yang menyusuri Sungai Rhine yang sangat indah. Ada juga rute yang menjelajahi kota Constance. Bahkan setiap pengendara sepeda juga bisa menyusuri salah satu daerah penghasil anggur di Jerman.

Ingin yang lebih menantang? Ada juga rute khusus yang disediakan untuk mengenang sejarah dari negara Jerman yang rutenya sepanjang 219 kilometer. Keren banget, ya?

  1. Belgia

Pemerintah di negara Belgia juga menyediakan kenyamanan bagi setiap warga negara yang ingin bersepeda. Mereka terus berupaya memperbaiki sarana yang ada dan bahkan membangun jalur khusus untuk pesepeda.

Menariknya lagi, Belgia juga menjadi negara yang pemerintahannya menyediakan sarana persewaan sepeda gratis. Keren banget nggak tuh?

Belum cukup di situ. Di Belgia sendiri, ada kesempatan bagi para pesepeda untuk mendapatkan sensasi bersepeda di atas air. Ada jalur dengan panjang 212 meter yang membelah suatu kolam di De Wijers, Limburg.

Warga lokal biasanya sangat menggemari kegiatan bersepeda di daerah tersebut. Bahkan wisatawan lokal maupun mancanegara juga banyak yang melakukannya. Negara kita kapan punya ya?

  1. Denmark

Negara dengan indeks kebahagiaan yang sangat tinggi satu ini, juga menjadi negara yang sangat ramah dan nyaman untuk para pesepeda. Denmark punya jalan raya yang sangat luas.

Jadi, sangat mudah untuk memberikan jalur khusus bagi para pesepeda. Saat jam-jam ramai, jumlah sepeda yang ada bisa lebih dari jumlah mobil yang ada di negara lain. Menarik, ya?

Penduduk Denmark banyak yang bersepeda karena masing-masing dari mereka punya kesadaran sendiri atas sampak dari polusi udara terhadap perubahan iklim.

Kompas pernah mengeluarkan tulisan yang menyatakan jika para orangtua di Denmark menggunakan sepeda kargo agar bisa bepergian dengan anak-anaknya. Sepeda tersebut layaknya becak yang memiliki tiga roda lengkap dengan kotak kayu di depan.

  1. Swedia

Negara-negara Skandinavia memang selalu menarik untuk diulas. Jika tadi sudah mengulas Denmark, sekarang Swedia. Negara ini punya jalur khusus bagi para pesepeda yang bahkan bisa diakses dari dua arah.

Juga ada rambu-rambu yang dikhususkan bagi para pesepeda agar mereka tetap aman. Untungnya, warga Swedia pun bisa menjaga ketertiban ketika bersepeda. Orang Swedia juga rata-rata menempuh 0,7 kilometer per hari dengan sepeda.

Bahkan setiap orang dalam suatu keluarga di Swedia, memiliki sepeda sendiri agar mereka tidak perlu berebut satu sama lain.

  1. China

Meskipun tidak gratis, di China ada tempat yang menyediakan persewaan sepeda. Saat menyewa, penduduk China bisa menggunakan aplikasi yang ada di ponsel. Pembayaran juga bisa lewat ponsel saja.

Jika ingin menyewa, setiap pengguna hanya perlu scan kode saja. Menarik, ya?

Penutup

Melihat beberapa negara yang ramah dan nyaman bagi para pesepeda di atas, kira-kira kapan ya di Indonesia bisa menirunya? Perlu banget nih ada di Indonesia. Selain untuk mengurangi polusi, bersepeda juga punya banyak manfaat kesehatan loh.


Leave a Reply

Your email address will not be published.